BEI Kembali Luncurkan LQ45 Future


BEI Kembali Luncurkan LQ45 Future

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini kembali mengaktifkan produk derivatif Kontrak Berjangka Indeks Efek (KBIE) LQ-45 Future. Produk ini diharapkan mampu membantu para investor sebagai sarana lindung nilai (hedging).

"Peluncuran kembali LQ-45 Future juga dilakukan untuk menambah ragam produk investasi di pasar modal Indonesia dan akan diikuti oleh produk lain dengan underlying yang lebih beragam," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Alpino Kianjaya, di Gedung BEI, Jakarta, Senin (1/2/2016).

Sebenarnya KBIE LQ-45 sudah ada untuk diperdagangkan sejak 2001 hingga 2009. Namun, seiring perkembangan pasar dan kebutuhan pemodal maka produk ini kembali disempurnakan dari sisi bisnis, teknis, dan peraturan agar sesuai dengan standar international.

Alpino mengungkapkan, seiring dengan kembali diluncurkannya produk ini, ada tiga saham baru yang masuk dalam 45 jajaran saham terbaik ini. Diantaranya sama PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) dan PT Hanson International Tbk (MYRX).

"Kita tahu LQ-45 hanya ada 45 saham terbaik. Artinya emiten berlomba-lomba untuk masuk ke deretan 45 terbaik, jadi wajar ada yang masuk dan keluar," imbuhnya.

Selain itu, BEI juga menyiapkan beberapa anggota bursa yang layak untuk memperdagangkan produk kontrak berjangka tersebut. Beberapa anggota bursa yang telah siap diantaranya RHB Securities Indonesia, Henan Putihrai, Binaartha Parama, Nikko Securities Indonesia, Pacific 2000 Securities, Trimegah Securities Tbk, Universal Broker Indonesia, dan Valbury Asia Securities.

"Diharapkan LQ-45 Future ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal domestik," pungkasnya.

Source : okezone.com