< Back

Daily Investment Summary 13 Februari 2020

13 February 2020



Global -
Kabar positif bagi pasar dari eksternal yakni berkenaan dengan Pemerintah AS dan Uni Eropa akan melakukan negosiasi untuk menyelesaikan konflik dagang yang terjadi belakangan ini, terutama terkait dengan pajak digital. Menurut Trump menilai saat ini merupakan momentum yang tepat untuk bernegosiasi dengan Uni Eropa. Apalagi, Trump sudah sukses membuat kesepakatan perdagangan dengan Kanada, Meksiko, dan Jepang, termasuk Cina. The Fed masih akan terus berpegang kepada perkembangan data makro ekonomi terkini dan berpendapat bahwa tingkat suku bunga saat ini masih sejalan dengan kondisi fundamental AS berserta target inflasi simetris FOMC di 2%.

 
Asia - Disrupsi yang terjadi di China sangat berpotensi untuk menular ke negara lain, terutama terhadap negara-negara yang memiliki ketergantungan tinggi akan produk ekspor China maupun pangsa pasar domestik.
 
Indonesia - Setelah Moody’s mengafirmasi peringkat utang Indonesia pada posisi Baa2, dengan outlook stabil (Investment Grade) beberapa hari lalu. Sekaligus bahwa peringkat utang Indonesia oleh Moody’s telah masuk dalam kategori investment grade ini bertahan sejak Januari 2012. Namun, masih ada catatan dari Moody’s yakni masih banyak tantangan yang harus diatasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan dan berkeadilan. Selain itu, Moody’s juga menilai defisit APBN yang rendah menciptakan beban utang pemerintah yang juga rendah sekitar 30% dari PDB pada 2019, jauh di bawah rata-rata negara-negara peers yaitu 47,3%. Di sisi lain, Moody’s melihat adanya risiko yang dapat timbul dari faktor lingkungan dan geografis Indonesia. Dampak yang mungkin ditimbulkan antara lain penurunan produksi pertanian, kerusakan infrastruktur dan properti. Satu sisi, langkah Moody’s mempertahankan peringkat utang Indonesia ini menunjukkan bahwa fokus Pemerintah pada upaya menjaga stabilitas di tengah gejolak global dinilai baik. Selain itu, adanya kepercayaan yang tinggi dari dunia internasional kepada perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian global.
 





Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF