Pratinjau BoC: Prakiraan dari Delapan Bank Besar, Menuju Kenaikan Suku Bunga Terakhir



forex 25 Jan 2023


Bank of Canada (BoC) akan mengumumkan keputusan suku bunganya pada hari Rabu, 25 Januari pukul 15:00 GMT (22:00 WIB) dan saat kita semakin dekat dengan waktu rilis, berikut adalah ekspektasi seperti yang diprakirakan oleh para ekonom dan peneliti dari delapan bank besar, terhadap pengumuman yang akan datang.

BoC tampak bersiap untuk menaikkan suku bunga 25 basis poin (bp), mengangkat suku bunga kebijakan dari 4,25% menjadi 4,25% dalam babak terakhir pengetatan.

Standard Chartered

“Kami sekarang memprakirakan BoC akan menaikkan suku bunga kebijakan sebesar 25 bp menjadi 4,5%. Kami memprakirakan BoC akan berhati-hati dalam memberi sinyal kenaikan suku bunga di masa depan tanpa menghindari kenaikan suku bunga. Ini sebagian besar sejalan dengan ekspektasi pasar, jadi kami tidak memprakirakan reaksi besar dari CAD. CAD bisa turun jika Gubernur BoC Macklem memberi sinyal bahwa siklus kenaikan suku bunga BoC telah berakhir, tetapi kami pikir dia kemungkinan besar akan mengindikasikan bahwa siklus kenaikan mendekati puncak, dan tidak mengesampingkan kenaikan di masa mendatang jika diperlukan."

NBF

“Pertanyaan bernilai miliaran dolarnya adalah: Apakah infla

si menjadi normal dengan cukup cepat? Kami pikir begitu dan kami sangat optimis mereka akan setuju. Karena itu, kami secara resmi memprakirakan keputusan 'tidak ada perubahan' tetapi kami tidak mengabaikan bahwa ada alasan yang sah untuk memprakirakan BoC akan menarik pelatuk."

ING

“BoC semakin mendekati titik akhir fase kenaikan suku bunga. Inflasi menunjukkan tanda-tanda menurun, tetapi pasar tenaga kerja tetap panas dan karena itu kami memprakirakan kenaikan suku bunga akhir sebesar 25 bp. BoC kemungkinan akan mencirikan ini sebagai jeda, tetapi kami memprakirakan ini akan menandai puncaknya karena kekuatan resesi global semakin terasa di Kanada dan angka inflasi terus menurun.”

TDS

“Kami memprakirakan BoC akan menaikkan suku bunga 25 bp dan kami memprakirakan ini akan menjadi kenaikan terakhir pada siklus ini (meskipun komponen berwawasan ke depan tidak akan menghalangi kenaikan suku bunga di masa mendatang). Meskipun ini diprakirakan menjadi kenaikan terakhir, CAD mungkin tidak menerima banyak bias arah dari pertemuan ini karena kurva dapat terus bias terhadap melihat sisi lain dari siklus suku bunga ini. Meskipun demikian, CAD mungkin lebih sensitif terhadap elemen-elemen dovish jika BOC menekankan elemen-elemen dari BOS. Kami melihat dinamika yang berbeda terjadi pada persilangan yang diberikan korelasi risiko.”

RBC Economics

“Bank sentral Kanada diprakirakan akan memperlambat laju kenaikan suku bunga. Dan kemungkinan kenaikan 25 bp yang kami antisipasi (turun dari kenaikan 50 bp di bulan Desember) bisa menjadi yang terakhir dari siklus kenaikan ini. Lonjakan tak terduga dalam pekerjaan pada bulan Desember dan penurunan tingkat pengangguran ke rekor terendah 5% adalah alasan utama kami memprakirakan BoC menindaklanjuti dengan satu kenaikan suku bunga terakhir. Namun, suku bunga kemungkinan cukup tinggi sekarang karena pasar tenaga kerja akan melemah pada tahun 2023.”

Citibank

“Kami memprakirakan kenaikan 25 bp lagi menjadi 4,50% dengan pernyataan kebijakan baru cenderung menggambarkan pertumbuhan dan pasar tenaga kerja telah berkembang agak lebih kuat dari yang diprakirakan, meskipun dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap aktivitas yang lebih lemah seperti yang ditunjukkan dalam Survei Prospek Bisnis kuartal keempat. Meskipun ada kemungkinan BoC dapat menunjukkan beberapa preferensi untuk menghentikan sejenak suku bunga dan menilai bagaimana kondisi ekonomi berkembang, kami memprakirakan hanya perubahan yang sangat kecil pada pedoman dan kasus dasar mereka tetap yaitu kenaikan 25 bp lainnya di bulan Maret, meskipun sangat bergantung pada data.”

CIBC

“BoC diprakirakan akan menaikkan suku bunga lebih lanjut, meskipun dengan besaran 25 bp yang lebih sederhana. Pernyataan harus terdengar cukup hawkish untuk membenarkan langkah tersebut, tetapi carilah indikasi-indikasi dari konferensi pers berikutnya bahwa jeda akan terlihat dari sini dan kondisi-kondisi yang pada akhirnya perlu dilihat oleh Bank untuk mulai menurunkan suku bunga lagi."

Wells Fargo

“Data aktivitas terbaru beragam, mengindikasikan akhir dari siklus pengetatan bank sentral mungkin tidak terlalu jauh. Dengan inflasi inti belum menunjukkan perlambatan yang lebih berarti, kami yakin itu cukup bagi BoC untuk menaikkan suku bunga kebijakan terakhir sebesar 25 bp menjadi 4,50%. Kami memprakirakan suku bunga kebijakan akan tetap di level tersebut sepanjang sebagian besar tahun ini sebelum BoC mulai menurunkan suku bunga pada kuartal terakhir 2023.”