Apakah yang dimaksud  dengan Reksa Dana?

Reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Unit Penyertaan oleh Manajer Investasi.

 

Apakah yang dimaksud dengan Portofolio Efek?

Portofolio Efek adalah kumpulan Efek/ surat berharga yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek. yang merupakan kekayaan Reksa dana berdasarkan investasi yang dilakukan oleh Manajer Investasi sesuai dengan kebijakan investasi.

 

Apakah yang di maksud dengan  Unit Penyertaan?

Unit Penyertaan adalah satuan ukuran yang menunjukkan bagian kepentingan setiap Pemegang Unit Penyertaan dalam portofolio Reksa dana dalam bentuk NAB (Nilai Aktiva Bersih).

Apakah yang dimaksud dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB)?

Nilai Aktiva Bersih (NAB) adalah nilai pasar yang wajar dari Unit Penyertaan dikurangi seluruh kewajibannya yang dihitung oleh Bank Kustodian berdasarkan nilai aktiva bersih per Unit Penyertaan pada akhir Hari Bursa yang bersangkutan, setelah penyelesaian pembukuan Reksa dana dilaksanakan, tetapi tanpa memperhitungkan peningkatan atau penurunan kekayaan Reksa dana  karena permohonan pembelian dan/atau pelunasan yang diterima oleh Bank Kustodian pada hari yang sama sesuai dengan Peraturan Nomor IV.C.2, yang dihitung dan diumumkan setiap Hari Bursa sesuai dengan POJK Nomor 47/POJK.04/2015.

Apakah yang dimaksud dengan Bank Kustodian?

Bank Kustodian adalah Bank Umum yang telah mendapat persetujuan dari Bapepam dan LK (sekarang OJK) untuk menyelenggarakan kegiatan usaha sebagai Kustodian yang memberikan jasa penitipan Efek (termasuk Penitipan Kolektif atas Efek yang dimiliki bersama oleh lebih dari satu pihak yang kepentingannya diwakili oleh Bank Kustodian) dan harta lain yang berkaitan dengan Efek serta jasa lain, termasuk menerima dividen, bunga, dan hak-hak lain, menyelesaikan transaksi Efek, dan mewakili pemegang rekening yang menjadi nasabahnya.

 

Apa Bukti Kepemilikan Unit Penyertaan?

Bukti Kepemilikan Unit Penyertaan adalah Surat bukti konfirmasi tertulis kepemilikan Unit Penyertaan Reksa Dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang diterbitkan oleh Bank Kustodian kepada Pemegang Unit Penyertaan secara langsung yang membuktikan jumlah Unit Penyertaan yang dimiliki oleh masing-masing Pemegang Unit Penyertaan.

Apakah yang dimaksud dengan Manajer Investasi?

Manajer Investasi adalah pihak yang mengelola Portofolio Efek untuk para nasabahnya atau mengelola portofolio untuk sekelompok nasabah, kecuali perusahaan asuransi, dana pensiun, dan bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Apa yang di maksud dengan Surat Konfirmasi Transaksi Unit Penyertaan?

Surat Konfirmasi Transaksi Unit Penyertaan adalah surat atau bukti konfirmasi yang diterbitkan dan wajib dikirimkan oleh Bank Kustodian kepada Pemegang Unit Penyertaan dalam waktu paling lambat 7 (tujuh) Hari Bursa setelah diterimanya perintah atas pelaksanaan pembelian dan/atau penjualan kembali (pelunasan) sebagaimana diatur dalam Bab XIII dan Bab XIV Prospektus. Penyampaian surat atau bukti konfirmasi tertulis kepemilikan Unit Penyertaan Reksa dana  kepada pemegang Unit Penyertaan sebagaimana dimaksud di atas dapat dilakukan melalui :

  • Media eletronik, jika telah memperoleh persetujuan dari Reksa dana ; dan/atau
  • Jasa pengiriman, antara lain kurir dan/atau pos.

Apa yang di maksud dengan Penawaran Umum Reksa dana?

Penawaran Umum Reksa dana adalah kegiatan penawaran Unit Penyertaan yang dilakukan oleh Manajer Investasi untuk menjual Unit Penyertaan kepada masyarakat berdasarkan tata cara yang diatur dalam UUPM beserta peraturan pelaksanaannya dan Kontrak.

 

Bagaimana prosedur  untuk membuka rekening Reksa  dana?

Untuk membuka rekening reksa dana di Valbury Capital Management, ada 2 (dua) metode yang bisa anda pilih:

Online. Portal untuk melakukan transaksi online dapat diakses melalui website kami di sini.

Manual. Langsung menghubungi Valbury Capital Management (Direct):

  • Mengisi formulir pembukaan rekening dan profil pemodal secara lengkap
  • Menyerahkan formulir pembukaan rekening serta melampirkan fotokopi identitas yang berlaku (KTP bagi WNI atau passport bagi WNA) ke kantor pusat atau kantor cabang terdekat
  • Pihak kantor pusat akan mengkonfirmasi data pribadi anda melalui no telepon 021-255 33 747
  • Jika konfirmasi data sudah berhasil maka pembukaan rekening anda akan diproses untuk pembuatan (Single Investor Identification) dan IFUA (Investor Fund Unit Account).
  • Setelah SID (Single Investor Identification) dan IFUA (Investor Fund Unit Account) terbentuk, maka calon investor / investor dapat melakukan transaksi Reksa Dana

Bagaimana Prosedur Pembelian (Subscription) Unit Reksa Dana?

Online

Setelah memperoleh konfirmasi lewat email mengenai SID (Single Investor Identification) dan IFUA (Investor Fund Unit Account) maka investor dapat melakukan pembelian reksa dana dengan cara sebagai berikut:

  • Mengisi dan menandatangani formulir pembelian unit penyertaan Reksa Dana (dapat di Download di website)
  • Melakukan transfer dana langsung ke rekening reksa dana sesuai yang tertera pada profil produk masing-masing.
  • Mengirimkan scan formulir pembelian unit penyertaan yang telah diisi lengkap serta bukti setor ke Manajer Investasi sesuai dengan cut-off time (COT) yang berlaku.
  • Batas agar mendapat NAB yang sama sesuai hari instruksi pembelian, maka batas waktu untuk subscription adalah 13:00 WIB,
  • Formulir pembelian dikirim ke email cso.vcm@valbury.com dengan subjek: Pembelian Reksa Dana.

 

Manual

Setelah marketing kami memperoleh konfirmasi lewat telepon oleh mengenai SID (Single Investor Identification) dan IFUA (Investor Fund Unit Account) maka investor dapat melakukan pembelian reksa dana dengan cara sebagai berikut:

  • Mengisi dan menandatangani formulir pembelian unit penyertaan Reksa Dana yang diberikan oleh marketing.
  • Melakukan transfer dana langsung ke rekening reksa dana sesuai yang tertera pada profil produk masing-masing.
  • Mengirimkan formulir pembelian unit penyertaan yang telah diisi lengkap serta bukti setor ke Manajer Investasi sesuai dengan cut-off time (COT) yang berlaku.
  • Kelengkapan formulir tersebut dapat dikirim ke kantor pusat.

 

Bagaimana Prosedur Penjualan (Redemption) Unit Reksa Dana?

Online

  • Mengisi dan menandatangani formulir penjualan unit penyertaan Reksa Dana  yang telah diunduh dari website.
  • Mengirimkan scan formulir penjualan unit penyertaan yang telah diisi lengkap ke Manajer Investasi sesuai dengan prosedur dan cut-off time yang berlaku.
  • Untuk Redemption batas waktunya adalah 13.00 WIB dengan syarat dokumen pendukung lengkap dan diisi dengan baik.
  • Hasil scan formulir penjualan dapat juga di email ke cso.vcm@valbury.com dengan subjek penjualan Reksa Dana.

 

Manual

  • Mengisi dan menandatangani formulir penjualan unit penyertaan Reksa Dana
  • Mengirimkan formulir penjualan unit penyertaan yang telah diisi lengkap ke Manajer Investasi sesuai dengan prosedur dan cut-off time yang berlaku.
  • Kelengkapan formulir tersebut dapat dikirim ke alamat kantor pusat.

 

Apa yang dimaksud dengan switching atau pengalihan unit Reksa Dana, dan bagaimana caranya?

Dengan melakukan switching atau pengalihan unit reksa dana, nasabah dapat memindahkan dana dari rekening reksa dana yang satu ke reksa dana yang lain, tetapi masih produk PT Valbury Capital Management dan memiliki Bank Kustodian yang sama. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Mengisi dan menandatangani formulir pengalihan unit penyertaan Reksa Dana
  • Mengirimkan formulir pengalihan unit penyertaan yang telah diisi lengkap ke Manajer Investasi sesuai cut-off time yang berlaku.

 

Apakah yang dimaksud dengan cut-off time?

Cut-off time adalah batas waktu transaksi reksa dana yaitu 13.00 WIB. Jadi jika anda melakukan transaksi Reksa Dana diatas jam 13.00 WIB, transaksi anda akan diproses dengan menggunakan NAB/Unit pada hari bursa berikutnya.

 

Apakah transaksi pembelian dan pencairan Reksa Dana dapat dilakukan melalui rekening yang bukan milik investor secara langsung?

Untuk pembelian Reksa Dana harus dilakukan melalui rekening milik investor secara langsung atau rekening kerabat yang dapat dibuktikan dengan dokumen resmi (contoh Kartu Keluarga). Sedangkan untuk pencairan Reksa Dana hanya dapat diproses ke rekening investor secara langsung.

 

Berapa lama proses penjualan unit Reksa Dana (redemption) hingga dana diterima oleh Nasabah ?

Maksimum T+7 sejak instruksi penjualan unit Reksa Dana diterima sesuai dengan prosedur dan cut-off time transaksi yang berlaku.

 

Bagaimana jika pada saat penjualan unit Reksa Dana, nomor rekening tujuan (rekening nasabah) sudah tidak aktif lagi?

Nasabah harus melakukan perubahan rekening terlebih dahulu, sesuai ketentuan perubahan rekening yang berlaku. Berikut ini adalah prosedurnya:

  • Mengisi formulir penambahan atau perubahan rekening yang ditandatangani di atas materai
  • Menyerahkan formulir tersebut ke kantor pusat atau cabang terdekat, serta melampirkan fotocopy halaman depan buku tabungan dan fotocopy KTP terbaru
  • Setelah formulir diterima di kantor pusat, nasabah bersangkutan akan dikonfirmasi via telepon
  • Setelah proses konfirmasi, perubahan atau penambahan rekening akan diproses.

 

Apakah dapat membuat pembukaan rekening Reksa Dana di PT Valbury Capital Management atas nama gabungan ? Apa saja persyaratannya?

Pembukaan rekening Reksa Dana sudah tidak bisa menggunakan nama gabungan "AND" dan "OR" tetapi masih bisa menggunakan "SA (Sub Account) ". Sebagai persyaratannya nasabah harus melampirkan fotocopy akte kelahiran anak (dengan catatan anak tersebut masih berusia < 17 tahun) atau kartu keluarga.

 

Apakah hasil investasi Reksa Dana dikenakan pajak ?

Tidak, karena pajak untuk Reksa Dana telah dipotong pada portofolio asset / perhitungan NAB. Hal ini sesuai dengan UU no 36 tahun 2008, pasal 4 ayat 3, poin i, yang berbunyi: Yang dikecualikan dari objek pajak adalah sebagai berikut bagian laba yang diterima atau diperoleh anggota dari perseroan komanditer yang modalnya tidak terbagi atas saham-saham, persekutuan, perkumpulan, firma, dan kongsi, termasuk pemegang unit penyertaan kontrak investasi kolektif. Oleh karena itu, Nasabah Reksa Dana tidak dibebankan pajak lagi.

 

Apakah bukti kepemilikan Reksa Dana di PT Valbury Capital Management?

Online

Nasabah memperoleh konfirmasi setelah melakukan subscription via email dan juga posisi produk Reksadana dan jumlah unit yang dimiliki Nasabah dapat dilihat pada sistem setelah melakukan log in.

Manual

  • Konfirmasi Transaksi Reksa Dana (Pembelian, Penjualan, dan Pengalihan)
  • Laporan Akun (Laporan Bulanan)

 

Apakah Resiko – resiko berinvestasi di Reksa dana?

  • Risiko Harga
Risiko harga adalah risiko nilai wajar atau arus kas masa depan dari suatu instrumen keuangan akan berfluktuasi karena perubahan harga pasar (selain yang timbul dari risiko tingkat bunga), baik perubahan-perubahan tersebut disebabkan oleh faktor khusus pada individu penerbit instrumen keuangan, atau faktor yang mempengaruhi instrumen keuangan sejenis yang diperdagangkan di pasar. Risiko harga Reksa Dana timbul dari portofolio investasi yaitu portofolio dalam efek ekuitas. Manajer investasi mengelola risiko harga Reksa Dana sesuai dengan tujuan dan kebijakan investasi Reksa Dana serta memonitor posisi pasar keseluruhan secara harian.
 
  • Risiko tingkat bunga
Risiko tingkat bunga adalah risiko dimana nilai wajar atau arus kas kontraktual masa datang dari suatu instrumen keuangan akan terpengaruh akibat perusahaan tingkat bunga di pasar. Eksposur Reksa Dana yang terpengaruh akibat perubahan tingkat bunga terutama terkait dengan portofolio efek. Untuk meminimalkan risiko tingkat bunga, Manajer Investasi melakukan investasi menggunakan strategi diversifikasi portofolio ke beberapa sektor, termasuk sektor yang tidak sensitif terhadap perubahan tingkat bunga.
 
  • Risiko kredit
Risiko kredit adalah risiko bahwa Reksa Dana akan mengalami kerugian yang timbul dari emiten akibat gagal memenuhi liabilitas kontraktualnya. Manajer Investasi berpendapat bahwa tidak terdapat risiko kredit yang terkonsentrasi secara signifikan kepada suatu emiten atau sekelompok emiten.
 
  • Risiko likuiditas
Risiko likuiditas adalah risiko kerugian yang timbul karena Reksa Dana tidak memiliki arus kas yang cukup untuk memenuhi liabilitasnya.

 

Siapa saja yang bisa berinvestasi dalam Reksa Dana?

Individu maupun perusahaan bisa berinvestasi di Reksa Dana. Untuk menjadi investor, Anda harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki kartu identitas (KTP untuk WNI, atau paspor untuk WNA).

 

Apa saja keuntungan berinvestasi di Reksa Dana?

Berinvestasi di Reksa Dana menawarkan beberapa keuntungan kepada investornya. Antara lain:
  • Aman, karena dikelola oleh manajer investasi dan diadministrasi oleh bank kustodian yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Mudah. Dengan Reksa Dana, investor tidak perlu sibuk mengelola setiap instrument keuangan yang dimilikinya. Ada manajer investasi yang bertugas mengelola portofolio investor secara keseluruhan.
  • Terjangkau. Sementara investasi lain memerlukan puluhan atau ratusan juta rupiah, investasi di Reksa Dana bisa dimulai cukup dengan Rp100.000,- saja.
  • Bukan objek pajak. Hasil investasi Reksa Dana tidak dipotong pajak.
  • Likuid. Reksa dana bisa dicairkan kapan saja.

 

Saya bisa melihat kinerja Reksa Dana dimana?

Anda dapat melihat kinerja suatu produk Reksa Dana melalui Fund Factsheet yang diterbitkan oleh Manajer Investasi setiap bulannya.

 

Reksa Dana apa yang cocok untuk saya?

Sebelum mengetahui jenis Reksa Dana yang paling sesuai, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan investasi serta profil risiko Anda. Terdapat tiga kategori profil risiko dalam investasi:
 

Konservatif

Cenderung memilih instrumen investasi yang sangat aman dengan hasil yang sudah diketahui sebelumnya, misalnya deposito. Sedangkan untuk jenis instrumen berisiko seperti obligasi atau saham, dia hanya mengalokasikan sebagian kecil dari dana investasinya.  Produk Reksa dana yang cocok adalah Reksa dana Pasar Uang.
 

Moderat

Cenderung berani mengambil risiko yang lebih besar, namun tetap berhati-hati dalam memilih jenis instrumen investasi, dan biasanya membatasi jumlah investasi pada instrumen berisiko. Produk Reksa dana yang cocok adalah Reksa dana Pendapatan Tetap dan Reksa dana Campuran
 

Agresif

Cenderung berani mengambil risiko yang lebih tinggi sehinga berani menempatkan sebagian besar dananya pada instrumen berisiko. Reksa dana yang cocok adalah Reksa dana Saham.