< Kembali

Daily Investment Summary 05 Maret 2021

05 March 2021




Global - Saham-saham diperdagangkan bursa global jatuh pada perdagangan Kamis (04/03) setelah Wall Street ditutup melemah pada pagi dini hari. Pelemahan bursa secara global didorong oleh kekhawatiran imbal hasil obligasi AS tenor 10 tahun yang kembali bergerak naik diatas 1,4% sehingga pasar khawatir otoritas moneter The Fed akan menaikkan suku bunga lebih cepat daripada dugaaan. Adapun, kenaikan imbal hasil Obligasi AS tenor 10 tahun juga diikuti oleh yield obligasi Negara kuat seperti Australia dan Inggris yang juga meningkat menjadi diatas 1,7% dan 0,8% masing-masing. Di sisi lain, kenaikan obligasi juga menyiaratkan optimisme investor terhadap perekonomian yang cepat recovery dibandingkan diperkirakan sebelumnya.
 
Asia - Bursa utama Asia mayoritas turun. bursa Nikkei 225 turun 2,13% disusul oleh Kospi yang juga terkoreksi 1,28%. Kemudian, Shanghai dan Hangseng jatuh masing-masing 2,05% dan 2,15%.
 
Indonesia - IHSG berhenti dan jatuh 1,35% dan berada di level 6.290, namun pergerakkan Rupiah cukup stabil dan berada pada Rp14,189 per dolar. Meskipun demikian, investor asing membali ke posisi net SELL sebesar Rp17,43 miliar dengan saham- saham yang menjadi sasaran net SELL asing adalah BBCA, ASII, INCO dan ICBP. Sentimen kekhawatiran kenaikan imbal hasil obligasi AS 10 tahun membayangi pergerakkan iHSG hari ini. Saham-saham nikel turun cukup tajam terutama INCO dan ANTM yang masing-masing turun 6,75% dan 6,67% setelah terdengar kabar India yang juga tengah membujuk Tesla untuk bereinvestasi, sehingga mendorong investor untuk merealisasikan keuntungan.



Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF