< Kembali

Daily Investment Summary 06 Agustus 2020

06 August 2020




Global - Negosiasi antara partai Republik-Demokrat masih berlangsung namun masih belum jelas detail stimulus tersebut. Partai Republik berencana untuk menambah stimulus terutama yang menyasar benefit terhadap penganggur, agar dapat menjaga daya beli. Perekonomian AS ditopang oleh kegiatan konsumsi dalam negeri. Sementara itu, Beijing-Washington akan mereview perjanjian dagang fase I yang telah ditekan sejak Januari 2020. Review tersebut dilakukan setelah memanasnya hubungan AS-Cina dalam beberapa minggu terakhir terutama berkaitan dengan dunai cyber, kekayaan intelektual dan juga geopolitik terutama masalah Hongkong.
 
Asia - Saham-saham di bursa Asia Timur bergerak mixed dengan Nikkei 225 yang terkoreksi 0,25%. Namun, Kospi tumbuh 1,40% demikian juga dengan Shanghai dan Hangseng yang sama-sama naik 0,17% dan 0,62%. Pergerakkan bursa di regional Asia Timur dipengaruhi oleh ketidakpastian stimulus covid-19 jilid II di AS.
 
Indonesia - IHSG berhasil melanjutkan rally pada perdagangan Rabu (05/08) dengan kenaikan lebih dari 1%, dan juga diikuti oleh penguatan Rupiah menjadi Rp14,587 per dolar AS. Kendati penguat investor justru mencatatkan net sell sebesar Rp435 miliar pada 1H20 di seluruh pasar. Pertumbuhan ekonomi Indonesia -5,32% YoY pada 2Q20 atau lebih buruk dibandingkan ekspektasi yakni sektiar 4% YoY.
 





Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF