< Kembali

Daily Investment Summary 07 April 2021

07 April 2021




Global - Saham-saham bursa utama global kembali bergerak mixed pada perdagangan Selasa (06/04) setelah Wall Street ditutup hijau pada pagi hari ini. Pergerakkan bursa global pada hari ini dipengaruhi oleh data ekonomi AS yang menguat terutama dari segi tenaga kerja yang lebih tinggi dibandingkan ekspektasi sebelumnya. Adapun, pergerakkan yield obligasi AS dengan tenor 10 tahun tidak lagi menunjukkan kenaikan yang terlalu tinggi atau lebih tinggi dibandingkan ekspektasi. Saat ini, yield obligasi AS tenor 10 tahun berada di kisaran 1,7%. Meskipun demikian, kekhawatiran pasar saat ini terlihat dari adanya mutasi covid- 19 jenis baru yang kembali ditemukan di Jepang dan diketahui bahwa 70% pasien covid-19 justru mengidap covid-19 jenis ini.
 
Asia - Bursa zona Asia kembali variatif dengan Nikkei 225 turun 1,30%, disusul oleh Kospi yang juga rebound 0,20%. Adapun, Shanghai terkoreksi 0,04% tetapi Hangseng bertahan di zona hijau yang naik 1,97%. Sementara itu, bursa Eropa tentative menguat.
 

Indonesia - IHSG ditutup menguat 0.54% hingga ke level 6,000. Adapun, Rupiah melanjutkan penguatan diatas Rp14,500-an per dolar,. Sedangkan, NET SELL bursa yang tercatat berkurang mencapai Rp315,5 miliar. Adapun, saham-saham yang menjadi sasaran net SELL asing adalah BBCA, BBRI, ASII dan MDKA. Kami melihat rebound IHSG ini lebih kepada faktor teknikal mengingat sentimen dalam negeri cenderung minim. Sementara pemerintah menegaskan larangan mudik ini sudah final untuk mengendalikan kasus covid-19. Di satu sisi, adanya larangan mudik ini juga memberikan gambaran bahwa konsumsi masyarakat ketika Eid tidak akan setinggi sebelumnya dan akan berdampak pada pemulihan ekonomi 2Q21, kendati kami melihat adanya perbaikan secara tahunan.


Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF