< Kembali

Daily Investment Summary 07 Mei 2021

07 May 2021




Global - Bursa saham global bergerak cenderung menguat pada perdagangan Kamis (06/05) setelah Wall Street ditutup mixed pada pagi ini. pergerakkan bursa global masih diwarnai oleh tindakan wait-and-see terhadap laporan tenaga kerja AS yang dijadwalkan akan diterbitkan pada akhir pekan ini. Para ekonom memperkirakan Amerika akan dapat menyerap sekitar 1 juta tenaga kerja pada April 2021. Hitungan ini didasarkan bahwa angka tenaga kerja yang berhasil diserap pada bulan Maret 2021 antara lain 916.000 tenaga kerja. Jika melewati hitungan para ekonom, hal ini mengindikasikan ekonomi Amerika yang semakin kuat. Seiring dengan penguatan ekonomi AS, sebelumnya Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan bahwa kenaikan suku bunga diperlukan untuk mencegah ekonomi AS dalam keadaan overheating.
 
Asia - Indeks Asia menguat dengan Nikkei 225 melompat 1,80% setelah ditutup tiga hari karena libur nasional. Demikian juga dengan Kospi yang naik 1,00%. Kemudian, Shanghai terkoreksi 0,16% pada hari pertama setelah ditutup selama tiga hari karena liburan.
 
Indonesia - IHSG melemah tipis 0,09% tetapi Rupiah berhasil menguat dan bergerak dibawah Rp14,400 per dolar AS. Sedangkan, asing melanjutkan tren NET BUY, yang mencapai Rp185,85, miliar, dengan saham-saham yang menjadi sasaran net BUY asing adalah TBIG, BBCA, BMRI dan BBNI. Kendati ekonomi Indonesia terkontraksi pada 1Q21 menjadi 0,74%, namun ekonom memprediksikan ekonomi Indonesia akan kembali ke fase pertumbuhan pada 2Q21 dengan proyeksi kenaikan sekitar 5% YoY, hal ini dengan melihat konsumsi masyarakat yang menguat pada musim lebaran kali inil. Di sisi lain, pengendalian pandemic juga menjadi kebutuhan pemerintah, kendati baik masih menjadi resiko utama pertumbuhan pada 2Q21.




Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF