< Kembali

Daily Investment Summary 13 Agustus 2020

13 August 2020



Global - Sentimen positif tampaknya dikompensasi oleh panasnya hubungan Cina- Amerika setelah kunjungan Menteri Kesehatan AS Alex Azar ke Taiwan. Bagi Beijing, kunjungan ini menciderai janji Washington terhadap Beijing untuk tidak kontak langsung ke Taiwan. Sebelumnya, Cina juga mengumumkan sanksi terhadap 11 pejabat AS termasuk Menlu Mike Pompeo. Pengumuman tersebut juga untuk membalas pengumuman serupa oleh AS terhadap 11 pejabat Hongkong termasuk pemimpin Carrie Lam. Sementara itu, ketidakpastian juga masih besar berkaitan dengan situasi politik AS yakni kesepakatan bantuan social jilid II yang diusulkan Republik dan pengumumkan cawapres dari Demokrat Kamala Harris untuk Pemilu AS pada November 2020. Bursa Eropa tentative menguat setelah dibuka melemah dengan Dax koreksi 0,26%, namun STOXX 600 naik 0,15% dan FTSE 100 naik 0,61%kendati Inggris mengumumkan kontraksi PDB 20,4%QoQ pada 2Q20. Rusia juga telah mengumumkan vaksin akan diproduksi masal pada Oktober 2020 mendatang, memberikan harapakan akan membawa pandemic berakhir.
 
Asia - Saham-saham bursa utama Asia Timur bergerak mixed dengan Nikkei 225 melanjutkan penguatan dengan 0,41%, begitu juga dengan Kospi dengan 0,57%. Namun, Shanghai terkoreksi 0,63%. Tetapi, Hangseng melaju 1,42%. Kendati cenderung mixed, namun kami melihat apetite investor terhadap asset-aset beresiko meningkat hal ini terlihat dari harga emas yang turun lebih dari 5% dalam semalam setelah Rusia mengumumkan akan memproduksi massal vaksin pada Oktober 2020 mendatang.
 
Indonesia - IHSG masih rally dan menguat 0,83% pada perdagangan Rabu (12/08) ditengah kenaikan saham-saham big caps seperti BBRI dan BBCA. Adapun, dolar AS yang terapresiasi terhadap Rupiah menjadi Rp14,713 per dolar AS. Kendati demikian, asing berhasil membalik posisi net buy Rp140 miliar di segala jenis pasar dibandingkan net sell pada hari-hari sebelumnya.
 




Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF