< Kembali

Daily Investment Summary 14 Januari 2021

14 January 2021



Global - Bursa bergerak cenderung variatif pada perdagangan Rabu (13/01) dengan bursa Wall Street dengan Dow Jones naik 0,2% moderat pada malam sebelumnya menyusul bauran sentimen dari pandemic covid-19 yang masih belum terkendali dan krisis politik menjelang lengsernya Donald Trump. Saat ini, Partai Demokrat berusaha mendorong proses impeachment menyusul penyerbuan Capitol Building, DC yang menewaskan 5 orang pada minggu lalu. Adapun, FBI telah memperingatkan akan adanya serangan sejenis pada minggu depan yang dijadwalkan pelantikan Joe Biden sebagai presiden baru AS. Langkah democrat tersebut diperkirakan mendapat dukungan beberapa anggota dari Partai Republik. Impeachment tersebut dipandang perlu untuk menghentikan ambisi Donald Trump untuk dapat maju lagi sebagai presiden ataupun segala bentuk jabatan federal di masa mendatang. Adapun, Trump menolak proses tersebut dan mengancam akan adanya situasi yang berbahaya jika dirinya berhasil dilengserkan. Terjadinya kerusuhan minggu lalu dan keadaan terdesak secara politik memaksa Trump untuk menyetujui keadaan darurat di Washington DC.
 
Asia - Nikkei 225 justr apreasiasi 1,04% kendati pemerintah Jepang mengumumkan keadaan darurat yang diperluas ke daerah lain akibat adanya kenaikan kasus yang tinggi. Selain itu, Kospi meningkat 0,71%. Sementara itu, Shanghai dan Hang seng sama-sama bergerak di zona merah, turun masing-masing 0,15% dan 0,27% setelah pemerintah Cina juga mengumumkan akan adanya pembatasan aktivitas social setelah diketahui adanya peningkatan kasus dan menjelang datangnya tahun baru Cina pada Februari 2021 mendatang.
 
Indonesia - IHSG melanjutkan apresiasi 0,62% dengan Rupiah juga terapresiasi cukup tinggi menjadi Rp14,037 per dolar AS. Sementara itu, investor asing masih melanjutkan catatan net BUY mencapai Rp1.05 triliun. Dengan saham-saham yang menjadi sasaran net BUY asing adalah BBRI, ASII, BBNI dan INKP. Pergerakkan IHSG hari ini cukup konsisten berada di zona hijau, dimana sentimen utama masih dari adanya vaksinasi yang telah berjalan.
 





Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF