< Kembali

Daily Investment Summary 23 September 2021

23 September 2021




Global - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan tak mencari Perang Dingin baru dengan China. Ia menyebut akan mengambil peran dalam mengatasi krisis iklim hingga pandemi Covid-19. Biden pun berjanji untuk bekerja memajukan demokrasi dan sekutu. Menurutnya, AS tidak akan mencoba menabur perpecahan. AS siap bekerja dengan negara mana pun yang melangkah dan mengejar resolusi damai.
 
Asia - Saat ini investor tengah menanti respon Beijing apakah akan memberikan bailout atau restrukturisasi untuk perusahaan tersebut, atau dibiarkan bangkrut. Evergrande tidak bisa melunsi obligasi off-shore, adapun total utangnya mencapai USD300 miliar. Dengan utang sebesar itu, dikhawatirkan akan mengguncang sektor finansial Cina yang juga berkontribusi besar terhadap global. Dengan rasio kepemilikan property mencapai 90%, dan jutaan investor retail yang memesan apartemen, sehingga juga akan berdampak terhadap perekonomian Cina. Di sisi lain, aktivitas sektor property Cina juga berkontribusi 30% terhadap PDB Cina.
 
Indonesia - Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) meningkat pada Agustus 2021.  Bank Indonesia (BI) mencatat, M2 pada Agustus 2021 sebesar Rp 7.198,9 triliun, atau meningkat dari Rp 7.149,2 triliun pada Juli 2021. Pertumbuhan M2 pada Agustus 2021 yang sebesar 6,9% yoy ini lebih rendah dari 8,9% yoy pada Juli 2021. Berdasarkan faktor yang memengaruhi, pertumbuhan M2 pada Agustus 2021 terutama dipengaruhi oleh perlambatan pertumbuhan tagihan bersih kepada pemerintah pusat. Pertumbuhan tagihan bersih kepada pemerintah pusat tercatat 21,1% yoy, atau tumbuh melambat dari 38,7% yoy pada bulan sebelumnya.
 





Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF