< Kembali

Daily Investment Summary 30 Maret 2020

30 March 2020



Global -
Kesepakatan yang ditekan oleh Gedung putih dan Senat senilai USD2 triliun telah terefleksi pada pasar. Pasar berharap dengan adanya stimulus besar dapat mereduksi kemungkinan adanya resesi ekonomi akibat penyebaran covid-19 meskipun hingga saat ini, kasus penularan di seluruh dunia termasuk AS dan Eropa, terus meningkat dan belum menunjukkan kurva penurunan. Di AS, bahkan, jumlah kasus sudah melebihi yang terdapat di China. Adapun, Stimulus tersebut akan dialokasikan untuk UMKM, bantuan social dan pembelian alat kesehatan secara massif. Stimulus AS tersebut juga melengkapi stimulus dari The Fed yang sebelumnya berkomitmen membeli berbagai asset surat berharga tanpa batas, melebihi stimulus moneter yang dirilis pada krisis ekonomi 2008 lalu. Selain AS, pasar juga menyaksikan berbagai paket stimulus negara- negara lain seperti Singapore sebesar USD33,2 miliar, hingga negara- negara timur seperti UAE, Prancis, India dan juga Italia yang semuanya bernilai sekitar puluhan miliar dolar AS.

 
Asia - Indeks saham bursa utama mayoritas Asia ditutup menguat tajam pada akhir pekan ini (27/03) dengan Nikkei 225 menguat 3,88%, disusul Hang Seng 0,8%, Shanghai dengan 0,4% dan Kospi dengan 1,85%  
 
Indonesia - Ditengah penyebaran wabah covid-19, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimistis kegiatan perdagangan internasional yang sempat tertekan akan segera pulih. Karena terkait dengan sektor produksi dan distribusi China yang kembali pulih akan berimbas positif pada alur perdagangan internasional. Indonesia termasuk yang sangat bergantung pada kegiatan ekspor-impor dengan China. Dengan terhentinya kegiatan ekonomi China langsung berdampak pada Indonesia, dimana pelemahan 1% ekonomi China dapat berdampak pada penurunan ekonomi Indonesia sekitar 0,3% hingga 0,6%. Pelemahan ekonomi di China akan langsung berefek pada Indonesia, terutama di industri pengolahan atau manufaktur, perdagangan internasional, dan jasa pariwisata.
 





Source: berbagai sumber diolah kembali

Download: PDF